Di Mansel, Rektor Unipa Mengenang Kembali Kisah saat Berburu di Siwi Gunung

0
36

MANSEL,PTC- Jumat, 21 Agustus 2020, Rektor Universitas Papua (UNIPA) Manokwari, Dr. Meky Sagrim, SP, M.Si., didamping
Wakil Rektor bidang akademika, Sepus Marthen Fatem, S. Hut. M. Sc, dekan FKIP Mansel,Prof. Dr. Benediktus Tanwijaya, wakil Dekan 1 FKIP, Yan Nunaiki bersama sejumlah dosen tiba di Ransiki ibu Kabupaten Manokwari Selatan.

Selama di Ransiki, Rektor bersma rombongan memantaun langsung keberadaan kampus FKIP Mansel dan melakukan pertemuan dengan Bupati Mansel, Markus Waran bersama jajarannya membahas terkait penataan berkelanjutan Kampus FKIP UNIPA kelas Manokwari Selatan.

Kegiatan tersebut berlangsung di pendopo Lachai Roi Ransiki.

Tak disangka peserta yang hadir dalam pertemuan saat itu, bahwa Rektor kelahiran 5 Mei 1965 itu dulunya perna melakukan kegiatan berburu di wilayah Mansel tepatnya di kampung Siwi Gunung Distrik Nenei.

Kenangan itu, diceritakan kembali oleh Meky Sagrim, Rektor Unipa periode 2020-2024 yang terpilih dalam rapat senat tertutup di aula utama UNIPA, Selasa (12/5) lalu disela-sela pertmuan dengab Bupati di Pendopo Lachai Roi Ransiki saat itu.
Kenangan itu menurut Meky tidak perna Dia lupakan.

Meky mengatakan, kenangan berburu di Siwi Gunung itu terjadi tahun 1993 ketika dirinya saat itu melakukan KKN saat masih duduk di bangku kuliah untuk mengejar cita-citanya.

“Bicara Mansel ini. Dulunya saya perna tinggal di Nenei satu bulan tepatnya Siwi Gunung. Setiap malam naik turun gunung untuk berburu. Tinggal disana waktu KKN. Karena bapak saya juga suka berburu,”kenang Meky Sagrim.

Setelah di Nenei, lanjut Meki Sagrim, Dia pindah ke kantor distrik lama Ransiki.

Selama di Ransiki, Meky kembali mengenang ketika dirinya terlibat dalam sebuah kegiatan membangun salah satu ruang serba guna milik Gereja Solavide.

“Sekarang dekat pasar. Gedung itu kita cor malam-malam tahun 93,”kisahnya lagi.

Selain itu, dirinya juga perna pergi pulang ke kampung Nuhuwei dengan berjalan kaki.

“Jalan ke Nuhuwei saya sudah pergi bolak balik. Pohon di Dembek lanjut ke Siwi itu (Distrik Momi Waren) saya yang tanam pohon gliricida (Gamal/Gliricidia sepium). Mungkin masih ada kah sekarang,”kata Sagrim mengakhiri cerita kenangannya saat KKN di wilayah Mansel.

Sempat menghela nafas, dirinya melanjutkan lagi pembicaraan topik awal dalam pertemuan tersebut.

Profil singkat Rektor dari berbagai sumber

Pria berdarah Maybrat kelahiran 5 mei 1965 itu sebelum menjadi Rektor Unipa adalah sebagai tenaga dosen tetap di Unipa Manokwari pada program studi Agribisnis.

Meky menyelesaikan strata di Universitas Cenderawasih Jayapura pada 20 Juli 1995 dengan gelar Sarjana Pertanian(SP). Gelar pasca sarjananya diperolehnya di Institut Pertanian Bogor dengan menyandang gelar master sains (M.Si) pada 14 Januari 2002.

Meky menyelesiakan studi strata tiga (S3) di program studi Ilmu kehutana Major, jurusan sosiologi pedesaan pada Universitas Mulawarman pada 2014 silam. (MDR/R2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here