Pemkab Maybrat Bayar Honor Tokoh dan Hamba Tuhan, Dua Triwulan

0
29

MAYBRAT,PTC-Bupati Kabupaten Maybrat, Bernad Sagrim, bersama Ketua DPRD Ferdinado Solosa, didampingi Kasdim Maybrat, Mayor Inf. Andri Suardi, secara simbolis menyerahkan honor triwulan pertama dan kedua sebesar Rp 4 juta kepada para tokoh masyarakat dan hamba Tuhan baik umat Kristen maupun Muslim Se-Kabupaten Maybrat di Aula Utama Kantor Bupati Pada, Senin, (12/10).

Penyerahan secara simbolis ini juga dilakukan pada tiga titik lainnya di Kabupaten Maybrat yakni untuk Aifat Raya bertempat di Kumurkek, Aitinyo Raya di Fategomi, dan Ayamaru Raya di Ibukota Distrik Ayamaru.

Bupati mengatakan, pembayaran gaji tersebut dilakukan secara proporsional atau bervariasi, didasarkan pada kondisi wilayah domisili para tokoh maupun hamba Tuhan yang ada di Maybrat.

“Dana itu memang sudah ada, tapi ini atensi saya kita bayarnya harus proporsional, jadi macam tokoh atau hamba tuhan yang ada di Suswa atau Distrik Mare tidak bisa peroleh nominalnya sama dengan yang ada di Ayamaru, begitupun hamba tuhan atau tokoh yang ada di Ayata, tidak sama dengan yang ada di Kumurkek atau Ayawasi tapi ini harus proporsional untuk semua wilayah di Maybrat,”kata Sagrim.

Sagrim berjanji, tahun depan bila ada dukungan dari pimpinan dan anggota DPRD honor bagi para tokoh dan hamba Tuhan akan dinaikan namun tetap proporsional.

Kesempatan itu Sagrim juga minta peran aktif para tokoh yang ada agar mampu tunjukan kinerja dalam segala masalah sosial yang terjadi di tengah masyarakat.

“Mudah-mudahan tahun depan kita akan tambah lagi, tapi tetap proporsional. saya juga minta para tokoh ini harus tunjukan kinerja karena mereka dibayar dari dana APBD, jadi harus tunjukan kinerja, misalnya ada masalah pembunuhan, atau asusila, atau bayar maskawin yang selama ini menyengsarakan sesama, ini harus ada peran tokoh yang ada, nah itu. Tapi mudah-mudahan tahun-tahun berikut bisa ada perbaikan,”ujarnya.

Acara serah terima honor para tokoh yang diawali dari Kumurkek ini dihadiri pula para pejabat di lingkungan pemda Maybrat diantaranya Sekwan, Ferdinandus Taa, Asisten Dua Engelbertus Turot, Wakil Ketua Dua DPRD Agustinus Tenau, para anggota DPRD, dan para Kepala Distrik. (Charles Fatie/MDR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here