Menerobos Ketertinggalan : Layanan Internet Berbasis Indihome Segera Hadir di Maybrat

0
33

MAYBRAT,PTC-Berguna menerobos ketertinggalan, layanan internet berbasis indihome segerah hadir di kabupaten Maybrat dalam waktu dekat.

Layanan ini selain akan mendukung akses kerja secara online bagi pemerintah daerah pada tiap OPD, juga akan membuka bagi masyarakat peminat untuk menjadi langganan berbayar.

Informasi ini dibenarkan Kepala Penanggung Jawab Program (PJP) Kominfo Maybrat, Faransiskus Xaverius Tenau ketika melakukan pengawasan di lokasi pekerjaan pemasangan tiang utama di alun-alun Faitamayaf Kumurkek ibu kota Maybrat, Rabu(21/10).

Frans mengatakan, proses pemasangan akan dimulai dengan pemancangan 107 tiang utama sampai pada instalasi kabel.Dua tahap yabg tengah dikerjakan tersebut diperkirakan rampung dalam dua minggu sampai sebulan tergantung situasi dan kondisi dilapangan.

“Proses yang sementara ini adalah pemancangan tiang dan pembentangan kabel untuk menghubungkan ke OPD yang ada di Ibukota Maybrat termasuk juga untuk layanan publik yang berbayar. sesuai target dari pihak pekerja sendiri waktunya sebulan, kalau tidak ada kendala bisa dua minggu selesai,”ujar Fransiskus.

Titik layanan indihome sendiri, lanjut Frans, totalnya ada 37 titik Optikal Distribution Point atau ODP yang tersebar di dua wilayah Maybrat yakni Kumurkek dan Ayamaru.

Kumurkek sendiri ada 27 ODP sementara 7 ODP lainya berada di Ayamaru sambil perlahan akan dibenahi untuk semua walayah Maybrat termasuk Aitinyo Raya dan Ayamaru Utara.

“Jadi nanti pengaktifannya di lokasi NOC di Kumurkek dulu, setalah itu akan digunakan teknologi namanya Radio IP baru ditembak ke Ayamaru yang ada 7 titik atau spot indihome disana termasuk Kediaman Bupati, Lapangan LA Ayamaru, SMA, SMP Negeri 1 dan beberapa lembaga keagamaan juga”terang Fransiskus lagi.

Apabila semua pekerjaan fisik itu tuntas maka jelas Frans, proses selanjutnya hanya menunggu pengaktifan layanan jaringan oleh pihak PT.Telkom Indonesia yang rencanannya diaktifkan pada akhir November sesuai pertemuan via zoom meeting antara Bupati Maybrat dengan General Manager PT.Telkom pada beberapa waktu lalu.

“Jadi pihak telkom yang akan mengaktifkan itu. sesuai pertemuan zoom meeting beberapa waktu lalu bahwa pernyataan dari pak general manager PT.Telkom bahwa paling lambat akhir november sudah bisa digunakan,”pungkasnya.

Menanggapi terobosan tersebut, Tokoh Mudah Maybrat, Charles Fatie, menyambut baik program prioritas pemerintahan tersebut.

Menurutnya, diera serba digital atau memasuki era 4.0, infrastruktur dasar internet sangat-sangat dibutuhkan, tak sekedar wajib dibangun tetapi sebuah keharusan untuk menerobos ketertinggalan Maybrat khsususnya masyarakat Maybrat untuk menjadi terdepan dan sejajar dengan orang-orang di belahan bumi lain saat ini.

“Ini ada keharusan dan mimpi kami kaum milenial Maybrat. Kalau perlu pemerintah harus memasang gratis setiap rumah warga di satu tahun awal,”singkat Charles yang juga pekerja pers di Maybrat melalui sambungan telpon.(Charles Fatie/R2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here